Bedanya Tradisi ketupat Jakarta, Malang, dan Kediri

Ketupat adalah hal wajib yang harus ada ketika lebaran datang, tetapi tahukah anda jika tradisi ketupat disetiap kota berbeda - beda. ada yang disajikan ketika lebaran datang atau yang disajikan tujuh hari setelah lebaran. Setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda - beda.

Masa kecil saya berada di Jakarta, kalau disana ketupat di buat saat akhir hari ketika puasa. Jadi, ketika lebaran hari pertama ketupat sudah siap dimakan. Ini membuat ketupat menjadi hal yang utama saat lebaran.

Dan ketika masa remaja, saya harus pindah ke Malang. Awalnya saya ingin membuat ketupat seperti tradisi yang biasa dijalankan. Ketika mencari " janur " di pasar ternyata orang yang menjual " janur " hanya sedikit sekali. Lalu saya bertanya kepada teman saya, dan ternyata di Malang tradisi ketupat ada + - setelah 7 hari lebaran, barulah ketupat ada. Pertamanya terasa aneh lebaran disana karena keadaan itu, bahkan saya bertanya - tanya " Apa enaknya ketupat ada setelah 7 hari lebaran? bukannya itu aneh? ". Tapi itulah tradisi setiap daerah yang berbeda.

Saat di Kediri pun seperti itu tradisinya. Karena sudah kebiasaan di Jakarta, saya sekeluarga membuat ketupat sendiri tetapi tidak dengan " janur ", melainkan dengan menggunakan plastik. Itulah tradisi yang berbeda. lalu bagaimana dengan tradisi ketupat di Kota anda?

0 komentar :

Post a Comment